The influence of the e-samsat program, quality of tax officer services, taxation socialization, and moral obligations on taxpayer compliance in paying motor vehicle taxes
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstract
This research seeks to analyze how the e-Samsat program, the quality of tax officer services, tax socialization, and moral obligations influence taxpayer compliance in paying motor vehicle taxes at the Samsat Office in Wonogiri Regency. A quantitative approach is utilized, employing multiple linear regression. The study’s dependent variable is taxpayer compliance, with independent variables including e-Samsat, service quality, tax socialization, and moral obligations. The sampling method applied is purposive sampling, focusing on specific criteria for motor vehicle taxpayers in Wonogiri Regency. The findings indicate that the e-Samsat program does not significantly impact taxpayer compliance, while both service quality and tax socialization show a significant influence. Moral obligations, however, are not found to have a significant effect on taxpayer compliance.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Awwalina Farihin Yadinta, P., Suratno, S., & Mulyadi, J. M. . (2018). Kualitas Pelayanan Fiskus, Dimensi Keadilan, Kesadaran Wajib Pajak dan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 5(02), 201–212. https://doi.org/10.35838/jrap.v5i02.186
Cahyanti, E. P., Wafirotin, K. Z., & Hartono, A. (2019). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Pengetahuan Pajak, Dan Persepsi Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Ponorogo. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 40. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.239
Cindy, J., & Yenni, M. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus , sanksi perpajakan, lingkungan wajib pajak berada terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Surabaya. Tax & Accounting Review, 1, 51.
Dewi, I. G. A. M. R., & P, K. W. L. (2019). Efektivitas E-Samsat, Pajak Progresif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 4(1), 50. https://doi.org/10.38043/jiab.v4i1.2151
Fefrianti, Diskhamarzaweny, & Yulis, E. Y. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pengetahuan Pajak, Pelayanan Fiskus, Kewajiban Moral, Dan Penerapan E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Ekonomi Al- Khitmah, 3(1), 56–70. https://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/PERAK/article/view/2148/1658
Herryanto, M., & Toly, A. A. (2013). Pengaruh kesadaran wajib pajak, kegiatan sosialisasi perpajakan, dan pemeriksaan pajak terhadap penerimaan pajak. Accounting and Tax Review, 1(1), 125–135.
Malau, Y. N., Gaol, T. L., Giawa, E. N., & Juwita, C. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Medan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 551. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.414
Masita, N. (2019). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Biaya Kepatuhan, Akuntabilitas Pelayanan Publik, Tingkat Kepercayaan Terhadap Sistem Pemerintah Dan Hukum, Dan Program Samsat Corner Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen (JSAM), 1(3), 50–101. file:///C:/Users/asus/Downloads/60-Article Text-193-1-10-20190415.pdf
Masruroh, S. (2013). PENGARUH KEMANFAAATAN NPWP, PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris pada WP OP di Kabupaten Tegal) Siti. DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING, 2(2009), 1–15.
Meifari, V. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak kendaraan Bermotor dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderasi di Kota Tanjungpinang. JURNAL ECONOMIC, ACCOUNTING, SCIENTIFIC (CASH), 3(01), 39–51. https://doi.org/10.52624/cash.v3i01.1585
Nisa, I. C., Suwandi, M., & Juardi, M. S. S. (2018). Pengaruh Sistem Pemungutan Pajak, Pelayanan Fiskus Dan Efektifitas Sistem Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Layanan Drive Thru Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 3(1), 1–12.
Puteri, P. O., Syofyan, E., & Mulyani, E. (2019). Analisis Pengaruh Sanksi Administrasi, Tingkat Pendapatan, Dan Sistem Samsat Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(3), 1569–1588. https://doi.org/10.24036/jea.v1i3.163
Safina Fatmawati, S. W. A. (2022). Pengaruh Kesadaran Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Tingkat Pemahaman Pajak, Tingkat Pendapatan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaran Bermotor. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 883–89909.
Sanadi, P. Y. F., S, F., & Djunaedi, D. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Biak Numfor. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 19(1), 55–71. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v19i1.377
Saragih, A. H., Hendrawan, A., & Susilawati, N. (2019). Implementasi Electronic SAMSAT untuk Peningkatan Kemudahan Administrasi dalam Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 11(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/jaset.v11i1.16420
Sari, V. A. P. (2017). PENGARUH TAX AMNESTY , PENGETAHUAN PERPAJAKAN , DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia ( STIESIA ) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(2).
Sista N. A. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Moral, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor SAMSAT Gianyar. Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 142–179. http://www.journals.segce.com/index.php/JSAM/article/view/26/27
Sudirman, S. R., Lannai, D., & Hajering, H. (2020). Pengaruh Norma Subjektif, Kewajiban Moral Dan Pemahaman Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada Kpp Pratama Makassar Utara. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 3(2), 164–190. https://doi.org/10.26618/jrp.v3i2.4412
Sugiyani, I. G. A. A., Yuesti, A., & Bhegawati, D. A. S. (2022). Pengaruh Sosialisasi Pajak, Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung. Jurnal KARMA (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 2(1), 2389–2395. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/karma/article/view/5399
Suryanti, H., & Sari, I. E. (2018). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Ilmu Kuntansi, 16(2), 14–26.
Wangi, N. M. ., Mahaputra, I. N. K. ., Ardianti, P. N. ., & Putra, M. D. . (2023). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak, Tarif Pajak dan Pelayanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Kota Tabanan. Jurnal Kharisma, 3(3), 349–358.
Wilandari, D. (2023). Pengaruh Kewajiban Moral, Tingkat Pendapatan, Sosialisasi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Balaraja Kabupaten Tangerang. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 234–251.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.